Selasa, 02 November 2010

Tips dan Trik Membeli dan Merawat DVD rw External

Bismillah.,,.
sory gan klo postingan ane udah banyak yang udah ng'bahas nya,lagian ane baru belajar cara buat tulisan,.,
hehehe,.,.
langsung aj gan,kemaren ane beli laptop acer 4736 tahun 2009,ane orangnya paling demen yang namanya nonton film, jadi hampir tiap hari ane kerjanya nonton film.
awalnya ane kalo nonton film, langsung nonton aj dari laptop jadi selama ane nonton film berhari-hari optiknya juga nemenin ane nonton alias kerja non stop.
Setelah ane dapet info dari temen-temen ternyata kalo nonton kek gitu optik cepet rusak (sory y klo salah info), jadi ane mikir gimana caranya biar optiknya g kerja seharian,akhirnya ane punya ide buat copy tu film ke hardisk. Alhasil g nyampe setaon (sekitar 8bulan ) DVD external ane rusak,sering bunyi groooooooookkkkkkk,.,.,.groookkkk,.,.,(org ngorok kaleeeee) hehe,...
So ane keinget kalo garansi acer kan 1thun,jadi ane tanpa pikir panjang langsung bawa ke servis resmi acer,begini percakapanny (ciiieee) :
A=acer
B=ane
mari kita simak perbincangan nya ;

A= Selamat pagi mas,ad yang bisa saya bantu??
B=oh jelas mbak,saya kesni karna butuh bantuan,.,
A=hhmmm,.,.
(sambil tersenyum manis gan)
B=gini,mbak laptop saya koq buyinya kkeras bgt y???trus DVD ny suka milih-milih klo baca DVD,kadang detect kadang juga gak??

trus pkkny laptop ane ditinggal selama beberapa hari,kira-kira tiga hari ane di telpon sama accer,karna ane kgn banget sama tu laptop akhirnya ane langsung meluncur ke TKP. Setelah ngomong panjang lebar ternyata DVD internal nya diganti. Pas ane nyampe kost,langsung ane periksa di BIOS, ternyata emang beneran diganti, merk ny PIO***R.
Setelah kejadian itu ane udah jarang nonton film lagi, klo pun masih nonton filenya ane copy ke hardisk.
Setelah lama kagak ane pake, suatu saat ane mau install ulang tuh laptop, pas mau install ulang ternyata DVD nya MATI TOTAL!!!!!!!!!!!!! aarrrrggggggggggggggggggggggggggggggg!!!!!!!!!!!!!!!!!
rasanya ne kepala mau pecah gan, padahal dvd nya baru diganti dengan yang baru, apalagi dengan merk yang  udah bagusan.
akhirnya ane bawa lagi tu laptop ke tempat servis resmi, ternyata setelah diperiksa teknisi ternyata DVD-rw ane JAMURAN katannya, lah koq bisa??????(maklum pikian orang awan gan),kata masnya  karena uda jarang kepake,jadi walapun g d pake harus kerja tu DVD paling g seminggu sekali lah.
Trus ane langsung tanya biaya ganti total tu DVD,.,mau tau harganya??
1.450.000,.,
wooooowwwwwwwww,.,.,.amazziiiinnggggg,.,..,ane kaget,langsung kepikiran buat nyari tu duit,dari mana dapet segitu banyak,maklum lah namanya juga anak kost,.,.
akhirnya sekitar 2bulan ane kagak maen2in tu DVD. Setelah beberapa bulan ane baru cari-cari dvd EXTERNAL.
Ane browsing sana sini, ada yang ngomong klo bagu yang ini,ad yang ngmg itu, ane bingung mau beli yang mana, yang jelas ane mau cari harga terjangkau tapi kualitas yang lumayan bagus. Akhirnya ane dapet kesimpulan beli DVD external L*TE on gan, ya harga nya 400-450(tergantung posisi ente dm,klo ane d jogja).
Jadi kesimpulan dari cerita ini, ane ad beberapa saran bwt kalian biar DVD nya awet :

1. Walaupun dvd kagak kepake,ya usahain seminggu sekali di pake buat burn ato copy film ato apalah biar kagak jamuran.

2. Klo nonton film mending d copy ke hardisk, biar optiknya kagak kerja terus-terusan, sama kayak kalo           manusia disuruh kerja dari siang mpe malem, habis tu badan,sama kek dvd, dvd juga punya umur.
 (hehehe)


ini beberapa tips klo agan-agan yang terhormat klo mau beli dvd :

1. Kalo agan cari harga yang terjangkau dan kualitas lumayan bagus, saran ane beli lah yang LIT* ON, klo agan punya budget lebih apa salahnya kalo beli yang bagus sekalian PION*R harganya emang diatas LI*E O* sekitar 600-650, klo LI*E ON 400-420

2. Jangan tertipu dengan harga,misalnya harga di toko A 400rb trs d toko B 350rb dengan merk yang sama, mending ambil yang lebih mahal sedikit gpp yang penting terjamin,karena sekarang banyak yang udah rekondisi.

3. Jgn beli yang merk SAMSUL ato L* gan, cz temen-temen ane  ud banyak yang pake tu merk. katanya sih pada rewel trus suka milih-milih kallo baca DVD

4. Ini rating kalo menurut pendapat ane ya,tp ya terserah agan-agan sekalian:


  1. Pion*r         = 600-650
  2. Li*e O*      = 400-450
  3. Samsul        = 400-450 (biasanya lebih mahal samsung 20rb di banding L*TE On
  4. A**S          = ane krg tw cz kagak minat sm sekali

mungkin itu sedikit inpo yang bisa membantu agan-agan sekalian yang mau cari ato beli DVD-RW external dan cara merawatnya, sory gan klo ad info ane yang salah,krna ane adalah manusia biasa, segala kekurangan ad pada manusia dan kelebihan hanya tuhan yang maha sempurna ( ciiieeeeee).


SEMOGA BERMANFAAT

4 komentar:

  1. nice info Gan, saya juga lagi pengen beli ni, thanks

    BalasHapus
  2. punya anda lite on tipe apa?

    BalasHapus
  3. mo nanya, Gan. ane khan pake cd room ekternal pada pc aku. apakah kabel usb nya harus di cabut setelah di pakai apa biarin aja tercolok. trim.

    BalasHapus